Skip to content

5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Bisa Anda Coba

BimaSouvenir.com – Sebelum kita mulai membahas tentang strategi pemasaran produk kerajinan, ada baiknya Anda lebih dahulu tahu mengenai pemahaman produk kerajinan. Secara simpel, pemahaman produk kerajinan ialah barang yang dibuat dari aktivitas yang mengikutsertakan ketrampilan tangan dan ketrampilan berpikiran dalam mengurus bahan atau material tertentu. Pemahaman lain dengan kalimat yang lain, produk kerajinan ialah barang yang dibuat pada suatu aktivitas produksi secara tradisionil, di mana barang itu mempunyai peranan ringkas sekalian nilai estetis.

Harus dipahami jika sekarang ini produk kerajinan adalah produk yang turut menyumbang devisa karena di eskpor ke beberapa negara lain. Oleh karenanya, pemerintahan berperanan aktif dalam menggerakkan pemasaraan produk export (terhitung produk kerajinan) dengan keluarkan peraturan yang memberikan dukungan ekonomi inovatif.

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan
Lampu Bambu – Gambar dari Tokopedia

Contoh produk kerajinan yang kerap ditemui yakni lampu hias dari bambu, pot bunga dan tas dari anyaman rotan. Kain batik tradisionil sebagai contoh produk kerajinan yang dibikin dengan membutuhkan ketrampilan atau tehnik yang tinggi. Disamping itu, ada pula contoh produk kerajinan yang manfaatkan tehnologi misalkan lukisan dengan memakai kontribusi computer.

5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Bisa Anda Coba

Dalam memulai usaha apa saja, harus memiliki gagasan vital terhitung dalam sektor marketingnya supaya memperoleh hasil yang optimal atau sama seperti yang diharapkan. Banyak usaha yang tidak berhasil karena pemilik usaha tidak ketahui taktik marketing yang pas untuk produknya. Contoh taktik marketing produk kerajinan yang keliru dengan menghasilkan jumlah poin produk dengan jumlah banyak tanpa memikirkan siapa sasaran marketnya dan bagaimana mempromosikannya.

1. Menentukan Target Market

Banyak aktor usaha kerajinan memiliki idealisme tinggi dan pada akhirnya terjerat dalam produksi yang kurang sesuai hasrat pasar. Dalam tiap usaha, tentukan sasaran pasar sangat penting karena apabila sudah memiiki sasaran pasar karena itu produk yang dipasarkan dapat disamakan dengan keperluan sasaran pasar itu.

Sasaran pasar ditetapkan saat sebelum Anda menghasilkan produk atau putuskan jalankan satu usaha. Disamping itu, lihat perubahan hasrat customer dalam sektor produk kerajinan. Karena perubahan jaman dan pola hidup dapat memengaruhi hasrat customer dalam beli satu produk.

2. Membuat Produk Kerajinan yang Unik

Setelah menentukan sasaran pasar, cara seterusnya yang perlu Anda kerjakan ialah membuat produk yang unik hingga dapat mengundang perhatian customer. Produk yang unik memiliki daya saing yang kuat hingga dapat bertahan di tengah-tengah persaingan usaha yang terjadi.

Produk unik memiliki arti mempunyai ketidaksamaan dari produk yang ada di pasar. Ketidaksamaan itu dapat mencakup wujud, warna, bahan, atau perannya. Kekhasan ini yang hendak membandingkan produk Anda dan menjadikan lebih spesial dibandingkan produk kompetitor.

Tetaplah bereksperimen dalam membuat produk yang hendak dicintai oleh customer, karena ini akan membuat usaha Anda terus exist dan berkembang. Jika dibutuhkan, meminta saran dan anjuran dari konsumen setia Anda saat membuat gagasan produk kerajinan yang baru.

3. Melakukan Promosi Sesuai Target Market

Melakukan promosi sesuai profile sasaran pasar ialah cara penting sesudah Anda tentukan sasaran pasar dan membuat produk kerajinan yang unik. Bikinlah ide promo yang memikat buat memperoleh perhatian customer atau sasaran pasar yang telah Anda tetapkan awalnya.

4. Memanfaatkan Pemasaran Online

Perkembangan teknologi saat ini, membuat media online jadi fasilitas yang pas saat lakukan aktivitas marketing. Selainnya murah, langkah ini bisa dibuktikan efisien untuk mempromokan satu produk. Oleh karenanya, pakailah media online untuk marketing produk kerajinan Anda.

Bikinlah web dan account di basis sosial media terkenal seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dn Youtube. Isi account sosial media itu dengan beberapa konten yang memikat mengenai produk kerajinan tangan Anda. Optimalkan taktik Search Engine Optimization (SEO) dalam pasarkan produk Anda. Bila dibutuhkan, anda bisa menggunakan sistem promosi menggunakan iklan produk kerajinan Anda di sosial media atau yang lainnya untuk tingkatkan merek awareness.

Contoh taktik marketing produk kerajinan yang memakai basis media online ialah memasang iklan tas anyaman rotan di Instagram. Contoh taktik marketing produk kerajinan lewat cara online yang lain yakni dengan memakai jasa Youtuber, misalkan mendidik warga supaya tinggalkan sedotan plastik dan berpindah ke sedotan dengan bahan alami yang ramah lingkungan seperti produk Anda.

5. Ikuti Moment dan Bazar

Usaha produk kerajinan Anda tidak berkembang secara berarti jika tidak dikenalkan ke khalayak luas. Karena makin beberapa orang yang mengetahui produk Anda karena itu merek awareness bertambah dan kekuatan berlangsungnya pemasaran akan bertambah.

Salah satunya contoh promo produk kerajinan yang lain dengan ikuti pameran atau bazar. Dengan ikuti bazar, Anda memiliki peluang untuk menunjukkan produk Anda hingga calon customer dapat mengetahui wujud dan perannya. Disamping itu dengan ikuti pameran Anda bisa membuat rekanan untuk meningkatkan produk bikinanmu.

Selainnya mengaplikasikan taktik marketing yang pas, ada sesuatu hal penting yang lain yang perlu dilaksanakan pebinis produk kerajinan yakni mengurus keuangan usaha secara baik. Karenanya keuangan usaha yang sehat karena itu usaha kerajinan Anda akan makin mengalami perkembangan. Supaya neraca keuangan usaha dapat dibikin secara cepat dan tanpa ribet, karena itu Sebaiknya anda memakai software akuntansi dalam melakukannya.

Harmony ialah software akuntansi online yang gampang dan ringkas dipakai. Harmony mempunyai 20 lebih neraca keuangan real time yang hendak memudahkan Anda dalam jalankan bisnis. Harmony telah menolong beberapa ribu pemilik usaha dalam membereskan pembukuan dan neraca keuangan mereka.

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× » Chat WA «